J3vn7LjaLVt44mwdSEBHCcM3KfwTfocqV7h5cSq7

Tips Bertamu ke Calon Mertua

Setelah sebelumnya membahas tentang jalur menjemput jodoh, pada tulisan ini saya akan berbagi bagaimana sih tips mengunjungi keluarga calon istri untuk pertama kalinya.

Tulisan ini saya tulis berdasarkan pengalaman saya saat bertamu untuk pertama kalinya ke rumah orang tua dari calon istri.

Pada tahapan ini akan lebih mudah kalau kamu menggunakan cara yang sudah saya sampaikan pada artikel jalur menjemput jodoh yaitu menggunakan CV Ta’aruf. Karena dengan CV Ta’aruf kita tidak perlu lagi menjelaskan panjang lebar tentang diri kita saat bertemu dengan calon mertua. Biasanya calon istri sudah menyampaikan CV kita ke orang tua nya.

Melalui CV, calon mertua sudah mengetahui informasi dasar tentang kita sehingga sebelum kita bertamu pun, minimal mereka sudah punya pegangan dan sedikit pertimbangan terhadap kita.

Tidak masalah jika kamu tidak melakukan tukar CV, setidaknya calon mertua sudah mendapat info dari puterinya dari hasil ta’aruf sebelumnya. Tulisan ini saya coba kombinasikan juga berdasarkan pengalaman beberapa teman yang telah berkunjung ke rumah calon mertua untuk pertama kalinya.

Langsung saja kita bahas tips bertamu ke calon mertua untuk  pertama kalinya.

1. Izin dari Calon Istri

Pastikan kamu sudah meiminta izin kepada calon istri sebelum berkunjung ke rumah calon mertua. Hal ini dilakukan agar calon istri dapat memberikan muqaddimah atau pendahuluan kepada orang tuanya bahwa kamu akan datang. Jika hal ini dilakukan, maka calon istri dan keluarganya tidak akan kaget  dan illfeel terhadapmu.

2. Datang Sendiri

Saat berkunjung ke rumah calon mertua, saya sarankan untuk datang sendiri.  Dengan datang sendiri, menunjukkan bahwa kamu punya kepercayaan diri dan memiliki keberanian. Namun tetap wajib kamu perhatikan penampilan, rapi namun tetap sederhana. Jangan sampai kamu terlihat sombong dan bermewah-mewahan. Jangan dibuat-buat dan berpura-pura. Tampil saja apa adanya sesuai style dan keadaanmu.

Namun, jika kamu belum percaya diri atau grogi untuk datang sendiri, tidak masalah kalau kamu ditemani seseorang. Kamu bisa ditemani oleh sahabat atau saudara semisal kakak, paman atau yang lainnya.

3. Awali dengan Perbincangan Ringan

Saat mulai masuk ke rumah calon mertua, awali dengan ucapan salam dan berjabat tangan dengan orang tua calon istri.

Setelah dipersilahkan duduk, awalilah pembicaraan dengan berbincang-bincang hal yang ringan, seperti memperkenalkan diri dan bertanya kabar. Tujuannya agar mengurangi ketegangan dan mencairkan suasana.

4. Topik Inti

Jika kamu melalui proses ta’aruf menggunakan CV, maka tidak akan banyak pertanyaan dari calon mertua. Biasanya hanya seputar keluarga dan aktifitas sehari-hari.

Namun jika tanpa CV, bisanya calon mertua akan banyak bertanya mulai dari nama, tempat tinggal, latar belakang keluarga, pekerjaan, lingkungan pekerjaan bahkan ada juga yang bertanya berapa penghasilan kamu.

Setelah situasi lebih tenang dan tanya jawab dirasa sudah cukup, langsung saja mulai pada topik inti yaitu penyampaian maksud kedatanganmu. Kalau kamu datang berdua, awali pembicaraan oleh pendampingmu, lalu bisa dilanjutkan oleh kamu dalam menyampaikan maksud dan tujuan kedatanganmu.

Awali dengan permohonan maaf karena telah berani datang ke rumah calon mertua, dan ucapan terima kasih atas penerimaan dan jamuan yang diberikan. Dilanjutkan penyampaian maksud dan tujuan bahwa, yang pertama niat bersilaturahmi, dan yang kedua bahwa kamu berniat melamar putri Bapak dan Ibu, kiranya Bapak dan Ibu dapat menerima maksud dan tujuanmu.

5. Jawaban dari Orang Tua

Ada orang tua yang langsung menjawab maksud dan tujuan kita datang bertamu, ada juga yang bertanya dulu kepada puterinya. Orang tua sang calon istri baisanya memberikan nasihat-nasihat seputar mencari jodoh, terutama agar kita berfikir dengan matang, karena berkeluarga merupakan proses yang panjang.

Nah, kalau diterima, orang tua calon istri mempersilahkan kamu untuk mengkomunikasikan kembali dengan keluargamu, dan kalau sudah sama-sama cocok, biasanya langsung menjadwalkan pertemuan antar dua keluarga untuk lamaran atau khitbahan.

6. Penutup

Setelah mendengarkan jawaban dari Orang Tua, sampaikan ucapan terima kasih atas penerimaannya, dan sampaikan bahwa kamu akan menindaklanjuti dan membicarakannya dengan keluargamu. Sampaikan pula bahwa akan segera memberi kabar jika sudah ada keputusan dari pihak keluargamu.

Itulah beberapa tips berkunjung ke rumah calon mertua untuk pertama kalinya. Semoga dapat membantu dan memberikan gambaran secara umum apa saja yang harus dilakukan saat memulai pertemuan dengan calon mertua.

Tulisan ini didasarkan pada pengalaman saya dan beberapa teman dalam melalui tahapan pertama bertamu ke rumah calon mertua. Saya sampaikan bahwa ini bukan hal baku yang harus dilakukan, karena bisa jadi pengalaman setiap orang berbeda-beda. Tidak hanya itu, situasi dan kondisi yang berbeda juga dapat berpengaruh terhadap proses menjemput jodoh ini.

Terus semangat dalam berikhtiar. Jjangan putus asa jika menemui kegagalan. Karena belum tentu yang baik menurutmu, baik menurut Allah SWT. Begitupun, yang buruk menurutmu belum tentu buruk menurut Allah SWT.

Sertai Ikhtiarmu dengan do’a dan tawakkal. InsyaAlloh yang terbaik akan bertemu denganmu.



Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment